Wednesday, 29 August 2012

Kenapa Musti Nge-blog?

Ngeliat jumlah pengunjung yang blogwalking kesini ternyata sudah mencapai angka 2000. Tadi siang waktu angkanya 1999 aq screenshot, lucu aja liatnya. Oke, total pageviews yang tercantum memang engga bener-bener menunjukkan jumlah pengunjung alias "orang"nya, tapi berapa kali halaman kita dibuka. Tetep aja siy, bikin hepi. Apalagi udah aq setting kalo aq sendiri yang buka blog berarti engga masuk hitungan. Aq inget waktu aq nulis artikel di kompasiana, mendapat 11 komentar, dinilai aktual oleh 1 orang, dibaca oleh 300-an orang, trus waktu di-posting di facebook-nya kompasiana mendapat 28 jempol aja rasanya udah seneng banget. Memang, angka 2000 di pageviews blog-ku tuh bener-bener belum ada apa-apanya, masih jauuuh banget dibanding jumlah pengunjung blog-blog lain yang udah mencapai angka ratusan ribu, bahkan jutaan. Beberapa kali aq mengunjungi blog yang bahkan saat aq sedang membacanya, angka penunjuk jumlah pengunjungnya berubah terus.

Sebenarnya, apa siy, yang bikin aq tiba-tiba pengen nge-blog? Mulanya aq cuma seseorang yang suka baca-baca blog-nya orang laen. Salah satunya, blognya temen jaman kuliah, yaitu Sigit. Engga tepat bener siy, kalo disebut temen jaman kuliah, cos kita cuma bareng di awal kuliah aja, trus dia pindah ke tempat perkuliahan lain yang menurutnya lebih menjanjikan untuk masa depan. Sekarang kita jadi temen seinstansi. Hehehe... Dari blogwalking ke "rumah"nya, aq jadi termotivasi buat bikin blog juga. Walo sampe sekarang belum bisa bikin postingan bermutu kayak punya dia, siy :p

Aq cuman pengen nulis apa yang aq pengen tulis. Engga cuma sekedar nulis artikel kegiatan kantor buat di-upload ke situs resminya instansi. Apalagi akhir-akhir ini aq udah kehilangan excitement buat nulis disana. Mikirnya susah, engga dapet apa-apa, pula #peritungan banget. Microblogging lewat twitter juga aq rasa kurang memuaskan hati. Terbatas 140 karakter, siy. Bisa siy, dibuat bersambung gitu, antar tweet satu dengan tweet lainnya, tapi masih kurang sreg. Lagian sungkan juga menuh-menuhin timeline-nya orang. Di facebook juga ada sarana yang namanya "Notes", tapi cuma beberapa tulisan engga penting yang pernah aq bikin disana. Kurang sreg juga buat nulis disana.

Pada dasarnya, aq tuh orang ekstrovert. Aq suka cerita berbagai hal. Dari cerita-cerita pengalamanku, mungkin memang ada yang bermanfaat buat orang lain. Walo sebagian besar kayaknya engga :D Kadang ada hal-hal yang terlalu panjang buat diceritain lewat social media. Tapi tetep pengen aq ceritain. Jadilah blog ini sebagai wadah ke-ekstrovert-anku. Trus, aq juga pernah baca bahwa menulis juga mengasah kemampuan otak kanan. Jadi menulis blog ini bisa diumpamakan sambil menyelam minum air. Bisa mengekspresikan perasaan dan pikiran, sekaligus bisa bikin makin kreatif. Amin...

Pada awal pembuatan blog ini, aq banyak konsultasi ama Sigit. Aq sempat pesimis juga akan konsistensiku menulis. Tapi Suhu Sigit selalu kasih motivasi. Aq bilang, ide-ide yang ada di kepala udah banyak, tapi buat menuangkannya ke dalam tulisan perlu waktu. Dia mendorongku untuk langsung menuliskannya, jangan cuma sekedar ide. Akhirnya sekarang aq nganggur dikit, langsung gatel pengen nulis. Emm, oke, engga segitunya. At least, udah lumayan produktif dibanding waktu awal nge-blog. Apalagi sekarang udah ada sabak digital, hadiah anniversary dari Mr. Banker yang bikin aq makin semangat menyalurkan hobi baruku ini.

Tentang tulis-menulis, kadang aq ngerasa ini udah jadi passion aq dari kecil. Membaca adalah salah satu hobiku. Kayaknya itu emang hobi sejuta umat, baik itu beneran ataupun cuma buat pencitraan :p Waktu aq SD, cita-citaku adalah menjadi penulis. Oke, di tahun-tahun pertama SD, cita-citaku emang jadi dokter, cita-cita sejuta anak SD juga, kayaknya. Tapi waktu udah kelas 5, berubah menjadi penulis. Aq punya buku khusus yang aq pake buat nulis cerpen-cerpenku. Aq juga pernah mau bikin semacam novel gitu, tapi engga pernah terselesaikan. Karena kesibukan kurang semangat kayaknya. Aq juga pernah ngirim cerita-ceritaku ke majalah Bobo (majalah langganan jaman SD). Yang pernah dimuat cuma beberapa cerita untuk rubrik Arena Kecil dan Tak Disangka. Lumayan, dapet merchandise kaos. Kalo cerpen-cerpen, nasibnya adalah dikembalikan ke alamat dengan selembar surat yang di dalamnya seingatku berisi "mohon maaf tulisan Anda belum layak untuk dimuat, silakan mencoba lagi, bla bla".

Jaman SMP dan SMA, karir keisengan menulisku sempat terhenti. Kalopun ada tulisan yang aq buat, itu demi kepentingan majalah dinding semata. Waktu kuliah, keisengan menulis muncul lagi. Belajar dari pengalaman masa lalu yaitu cerpen-cerpenku selalu bernasib mengenaskan, aq udah males bikin cerpen. Yang ada aq cuma nulis love story singkat. Hampir semua love story yang aq tulis dimuat di rubrik Aime Jawa Pos. Lumayan, bolak-balik dapet free pass nonton untuk berdua :D

Waktu jaman kuliah juga, aq sempat ikutan lomba menulis untuk mahasiswa yang diadakan oleh Sophie Martin. Ini pencapaian terbesar dalam sejarah menulisku. Aq memang engga berhasil dapet hadiah utamanya yaitu jalan-jalan ke Australia, tapi aq dapet uang 2 juta dan banyak merchandise dari Sophie Martin. Engga inget juga, statusku waktu itu dapet juara berapa. Lucunya, uang hadiahnya langsung masuk rekening padahal pengumuman klo aq termasuk pemenang belum keluar. Sempat bingung juga, kenapa di rekening tiba-tiba saldonya nambah 2 juta. Untuk ukuran anak kuliahan, itu gede banget.

Kembali ke blogging thing, wolipop pernah mengusung liputan khusus tentang ini. Di salah satu featured article-nya, ada hal positif tentang blogging yang disebutkan oleh Enda Nasution yang mendapat julukan Bapak Blogger Indonesia, "Dengan menjadi seorang blogger, kita memiliki, melatih dan terbiasa untuk mencatat serta menulis apa yang kita pikirkan. Kita juga terbiasa menuliskan pikiran kita dalam tulisan terstruktur. Kita juga makin sadar lingkungan, karena kita sadar untuk mendokumentasikan lingkungan disekitar kita untuk jadi bahan blog posting." 

Anyway, sebelum mem-posting tulisan ini, saya iseng ngintip lagi total pageviews. Ternyata sudah 2095. Jadi bikin makin semangat nulis, niy ;)

4 comments:

  1. Wah surprise juga ternyata namaku disebut di postingan ini hehe

    Sepertinya kamu emang dari kecil punya bakat menulis, buktinya tulisan tulisanmu udah beberapa kali menang dan dimuat media, km jg trmasuk produktif juga udah banyak nulis di blog ini, makanya seharusnya aku yang manggil suhu ke kamu bukan sebaliknya::)

    Pokoknya tetap keep on writing aja, tetap luangkan waktu meski sesibuk atau serepot apapun kerjaan kita:)

    ReplyDelete
  2. Yah, suhunya tetep sigit lah...yang awal mula mendorong aq buat bikin blog ampe ngajarin desainnya segala macem kan sigit! pokoknya engga boleh protes kalo aq panggil suhu, oke? ;)

    ReplyDelete
  3. Bikin giveaways ti..
    Sbgai perayaan 2000lbh pemirsa...
    ªƘΰ yg menang yoooo...
    Hihihi

    Visit my blog http://memomo-bona.blogspot.com/

    ReplyDelete
  4. Hahaha, sik bingung gimana mekanismenya #blogger.amatir :p

    ReplyDelete