Friday, 28 December 2012

Pintar Menggunakan Kartu Kredit

Kebiasaanku menggesek CC alias credit card alias kartu kredit saat belanja kemudian intensitasku menunggu di executive lounge bandara yang lumayan sering (tentunya dengan menggesek CC juga) sempat mengundang komentar kurang enak didengar dari 2 orang teman.

sumber : www.forbes.com

Saat aku gabung untuk chatting dengan mereka di sebuah group, terjadi percakapan berikut ini :

Aku : "Kok hening?"
Teman 1 : "Sudah di lapangan, niy...aman, wilayah sudah disterilkan. Maklum, VIP mau lewat."
Teman 2 : "Percuma VIP kalo engga punya duit".
Aku : "Siapa yang mau lewat?"

Disini teman 1 dan teman 2 mengobrol seakan aku tidak ada.
Teman 1 : "Iya neh, engga biasa cash, ini maen gesek kartu aja."
Teman 2 : "Berarti minimal 50ribu ya."

Disini aku menyadari kalo mereka lagi ngomongin aku.
Aku : "Oh, maksudnya aku tho? Salah kalo VIP. Aku VVIP kok."

Kemudian pembicaraan beralih ke topik lain, dan aku tetap bergabung dalam obrolan.

Dari dialog di atas, terlihat bahwa masih banyak orang-orang yang pengetahuannya tentang kartu kredit masih minim. Dari obrolan di atas, terlihat bahwa mereka belum tahu bahwa pengguna kartu kredit jenis tertentu bisa mendapatkan fasilitas free executive lounge di bandara. Bahwa aku engga pernah bayar kalo masuk executive lounge. Bisa ngajak temen, pula! Engga pake bayar juga!

Tentang kartu kredit, aku maklum kalo sebagian orang beranggapan bahwa memiliki kartu kredit akan menyeret masalah di kemudian hari. Padahal asal digunakan dengan bijak, memiliki kartu kredit banyak keuntungannya! Sebagai suatu produk, pasti ada kelebihan dan kekurangannya.

Apa aja siy, kelebihan kartu kredit? Berikut aku sebutin.
1. Alat pembayaran yang praktis. Dengan kartu kredit, kita engga perlu susah-susah bawa uang tunai yang banyak, yang tentunya akan membahayakan keamanan kita sendiri.
2. Menghemat pengeluaran. Penerbit kartu kredit bekerjasama dengan hotel, restoran, supermarket, dan cineplex, sehingga kita bisa dapat diskon dimana-mana. Poin yang terkumpul dari penggunaan kartu kredit tertentu juga bisa dibelanjakan.
3. Mencatat pengeluaran dengan jelas. Dengan melihat lembar tagihannya, kita bisa tahu pasti kemana larinya uang kita.
4. Memberikan fasilitas asuransi, baik asuransi kesehatan, kecelakaan, maupun asuransi perjalanan.
5. Mempermudah perjalanan ke luar negeri (bagi pengguna kartu kredit internasional).
6. Mempermudah transaksi lewat internet (e-commerce), misalnya untuk pembelian tiket pesawat terbang dan hotel.
7. Menunda pembayaran. Kalau kita membayar lunas sebelum jatuh tempo, jadi serasa memiliki kredit tanpa jaminan.
8. Melakukan cicilan dengan bunga 0%. Tentunya bila kita melakukan pembelian dengan merchant yang bekerjasama dengan merchant kartu kredit kita.
9. Mendapatkan kemudahan dana untuk kebutuhan yang mendesak. Hal ini dikarenakan adanya fasilitas tarik tunai pada kartu kredit.
10. Tingkat keamanannya tinggi. Bila kita kehilangan kartu kredit, dapat segera melapor ke card center untuk melakukan pemblokiran.
11. Adanya kartu kredit tambahan dengan fasilitas yang sama dengan kartu utama akan memberikan kenyamanan bagi anggota keluarga terdekat (istri dan anak).
12. Pengguna kartu kredit gold dan platinum mendapat fasilitas executive lounge gratis di bandara.

Kelebihan nomor 12 ini, bagi pengunjung setia bandara sangat bermanfaat. Karena bisa mendapatkan akses masuk ke executive lounge secara gratis. Executive lounge merupakan fasilitas ruang tunggu di bandara yang diperuntukkan bagi semua calon penumpang pesawat udara sewaktu menunggu boarding. Akses gratis untuk masuk ke executive lounge ini tentunya tergantung penerbit dan jenis kartu kredit yang digunakan. Untuk jenis Gold, fasilitas free executive lounge hanya berlaku untuk 1 orang dan hanya bisa digunakan 2 kali dalam sebulan. Berbeda dengan kartu kredit Platinum, fasilitas free executive lounge berlaku untuk 2 orang. Frekuensi penggunaannya juga lebih banyak.

Pada dasarnya tidak harus memiliki kartu kredit untuk dapat menggunakan fasilitas executive lounge di bandara. Dengan membayar antara Rp 50.000,- sampai dengan Rp 75.000,- calon penumpang pesawat dapat menunggu di lounge sambil menikmati hidangan yang disediakan. Fasilitas standar lain yang terdapat di lounge yaitu free wifi (di beberapa lounge malah disediakan PC), sarana hiburan berupa TV, koran, dan majalah, serta toilet dan musholla. Untuk musholla, kebanyakan lounge memiliki musholla tersendiri, namun ada juga lounge bandara yang aku engga nemu musholla di dalamnya, yaitu salah satu lounge di Bandara Ngurah Rai, Denpasar-Bali. Beberapa lounge juga menyediakan pijat refleksi dan playground untuk anak-anak.

Di luar semua kelebihannya, kartu kredit juga memiliki beberapa kelemahan. Apa saja kelemahannya? Berikut aku kutip dari sini.
1.  Bunga yang tinggi.
Kartu kredit memang mengenakan bunga yang tinggi. Besaran beban yang harus kita tanggung sebesar 3,5% – 4,5% per bulan. Sepertinya enggak besar kalo dihitung dari 100 ribu berarti maksimal hanya 4.500 saja. Tapi kalau dihitung tahunan, berarti besarnya adalah 54% per tahun. Kalau dihitung dari angka 10 juta berarti beban kita 450 ribu per bulan. So, angka tadi enggak kecil lagi kan?
2.    Bunga berbunga
Saat ini masih diterapkan pengenaan  bunga berbunga. Artinya jika bunga yang harus kita bayarkan lebih besar dari pembayaran kita, maka sisa beban bunga tadi menjadi beban bunga baru bagi utang kita berikutnya. Jadi jangan heran bila beban kita makin lama makin besar (aturan ini rencananya akan direvisi agar tidak diterapkan bunga berbunga).
3.    Biaya
Walaupun biaya pasti dikenakan di setiap transaksi yang berhubungan dengan perbankan dan produknya, namun di kartu kredit biaya ini cukup banyak dan besar.  Bila kita ingin mengambil tunai, biaya lebih besar dibandingkan pembelanjaan. Bila kita menggunakannya di luar negeri, biaya yang kita tanggung menjadi lebih tinggi lagi dan lebih beragam  karena sering dikenakan biaya selisih kurs dan biaya penggunaan di luar negeri. Biaya, biaya dan biaya lagi.

Hmm, kalo liat kelebihannya, emang menggiurkan, ya? Tapi serem juga kalo liat kelemahannya. Ngebayangin dikejar debt collector kartu kredit kayak yang dialami oleh Rebecca Bloomwood yang shopaholic... hmm, engga banget deh! *kalo ada yang belum tau, ini nama tokoh dalam novel serial yang juga difilmkan* 

sumber : www.everydaydoll.com
Jadi, kudu gimana dunk, biar kita engga terjerat hutang kartu kredit?
 1. Camkan bahwa kartu kredit bukan sarana buat ngutang! Pada dasarnya pengguna kartu kredit harus sudah memiliki dana untuk membayar tagihan yang akan datang, paling tidak sudah bisa memastikan akan ada pemasukan untuk membayar tagihan. Mengingatkan diri sendiri akan kemampuan membayar kita pada saat tagihan datang ini akan mencegah perilaku konsumtif.
2. Jika tagihan datang, segera lunasi sebelum jatuh tempo. Meskipun ada fasilitas minimum payment 10%, bila tidak sangat terpaksa, jangan gunakan fasilitas ini.
3. Sebaiknya tidak memiliki terlalu banyak kartu kredit. Menurut aku, 3 itu maksimal. Karena iuran tahunannya juga lumayan (berlaku untuk kartu-kartu yang tidak terdapat fasilitas free annual fee ataupun hanya free annual fee tahun pertama).
4. Simpan bukti pembayaran dengan kartu kredit atau lakukan pencatatan tersendiri mengenai transaksi yang telah dilakukan. Pada saat tagihan datang, lakukan cross check.
5. Yang penting adalah pengendalian diri. Saat diskon dan promo kartu kredit seakan memanggil-manggil kita, cobalah berpikir dengan tenang. Apakah kita sebenarnya membutuhkan barang tersebut?

Fasilitas-fasilitas yang disediakan kartu kredit bisa dimaksimalkan tanpa perlu mendatangkan kerugian di pihak kita sebagai pengguna. Asalkan digunakan dengan bijak dan hati-hati, penggunaan kartu kredit engga akan mencekik leher kita, kok. Yang penting, tau rules-nya. Eh, jangan sekedar tau aja. Terapkan! Be a smart credit card user, yak!



9 comments:

  1. Hai Isthi :)
    Selamat tahun baru dulu sebelumnya yaaah :)

    etapi beneran ituh temen nya ada yang rese kayak gituh?...hihihi...

    Mampir sini dapet ilmu baru tentang credit card deh...
    Selama ini emang punya sih kartu, tapi sebisa mungkin setiap habis dipakai, bulan depan langsung dilunasin...
    Atau cuman untuk sesuatu yang urgent aja...

    I'll be smart deh :)

    ReplyDelete
  2. Iya, Bi, met tahun baru :)
    Hihi, emang beneran kok, Bi. Mpe chatnya aq screenshot, tapi engga enak ati buat aq pasang :p Jadi aq simpen buat kenang2an aja. Sisi positifnya, mereka menginspirasiku buat nulis tentang ini :D
    Alhamdulillah kalo tiap ada tagihan langsung ngelunasin. Aq sendiri juga berusaha kayak gitu. Kalo udah kena bunga, jadi bete sendiri soalnya :D

    ReplyDelete
  3. "Saat diskon dan promo kartu kredit seakan memanggil-manggil kita, cobalah berpikir dengan tenang. Apakah kita sebenarnya membutuhkan barang tersebut?"

    hemmmm sepertinya tau buat siapa itu nasehatnya :D

    ReplyDelete
  4. Hihihi...sejujurnya, aku nulis ini juga buat ngingetin diri sendiri :p
    Jadi inget, kemarin Mr. Banker juga ngebahas poin ke-5 itu. Bener-bener deh, orang-orang yang deket emang ngertiin aku banget :D

    ReplyDelete
  5. Apakah Anda memiliki kredit yang buruk ?
    Anda perlu uang untuk membayar tagihan ?
    Anda perlu memulai bisnis baru ?
    Apakah Anda memiliki proyek yang belum selesai untuk pendanaan di tangan orang-orang miskin ?
    Anda perlu uang untuk berinvestasi dalam beberapa bidang spesialisasi yang akan menguntungkan Anda ? dan Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan .

    Saya Bapak Alex Moore , seorang pemberi pinjaman uang pribadi. Aku memberikan pinjaman pada tingkat bunga 2% per tahun dalam jumlah $ 500,00 sampai $ 20.000.000,00 sebagai tawaran pinjaman . Proyek pembiayaan 100 % dengan pinjaman aman dan tidak aman tersedia. Kami menjamin untuk menyediakan jasa keuangan bagi banyak pelanggan kami di seluruh dunia . Dengan paket pinjaman yang fleksibel , pinjaman dapat diproses dan dana ditransfer ke peminjam sesegera mungkin . Kami beroperasi di bawah persyaratan yang jelas dan mudah dimengerti dan kami menawarkan pinjaman dari segala jenis untuk klien tertarik, perusahaan , perusahaan , dan semua jenis organisasi bisnis , individu swasta dan investor real estate . Cukup hubungi kami di alamat email kami :am.credito@blumail.org , kami berharap untuk respon cepat dan langsung .

    EMAIL kami di: am.credito@blumail.org

    ReplyDelete
  6. -
    Butuh suasana pinjaman pribadi atau bisnis untuk berbagai keperluan? Jika demikian, hubungi kami melalui e-mail ... johnsonleehloaninvestment@outlook.com
    nama:
    Proporsi:
    durasi:
    negara
    tujuan:

    ReplyDelete
  7. Good Day setiap orang

    Nama saya MRS Sandra pernah saya tinggal di USA i mengajukan pinjaman dari 15,000.00 usd dari scam berpura-pura menjadi pemberi pinjaman kredit dia merobek saya beberapa dari 2000USD, saya benar-benar frustrasi sehingga teman baik saya dari Chicago mengatakan kepada saya bagaimana dia diselamatkan ketika dia penipuan oleh kreditur yang sama sehingga ia bersaksi kepada saya bagaimana dia diselamatkan dari pemberi pinjaman kredit disebut Mr.Robert kait memberiku jumlah pinjaman dari 10,000.00 usd dan saya sekarang keluarga 2 dan saya senang hari ini Tuhan akan memberkati dia lebih dan lebih lagi menghubunginya sehingga ia juga bisa memberikan jumlah pinjaman Anda yang Anda butuhkan di sini adalah email: roberthookinvestment.link@outlook.com

    terima kasih
    Sandra pernah

    ReplyDelete
  8. Good Day setiap orang

    Nama saya MRS Sandra pernah saya tinggal di USA i mengajukan pinjaman dari 15,000.00 usd dari scam berpura-pura menjadi pemberi pinjaman kredit dia merobek saya beberapa dari 2000USD, saya benar-benar frustrasi sehingga teman baik saya dari Chicago mengatakan kepada saya bagaimana dia diselamatkan ketika dia penipuan oleh kreditur yang sama sehingga ia bersaksi kepada saya bagaimana dia diselamatkan dari pemberi pinjaman kredit disebut Mr.Robert kait memberiku jumlah pinjaman dari 10,000.00 usd dan saya sekarang keluarga 2 dan saya senang hari ini Tuhan akan memberkati dia lebih dan lebih lagi menghubunginya sehingga ia juga bisa memberikan jumlah pinjaman Anda yang Anda butuhkan di sini adalah email: roberthookinvestment.link@outlook.com

    terima kasih
    Sandra pernah

    ReplyDelete
  9. Moshi Moshi,
    Kami Christian Organisasi dibentuk untuk membantu orang dalam kebutuhan
    membantu, seperti help.So keuangan jika Anda akan melalui keuangan
    kesulitan atau Anda dalam kekacauan keuangan, dan Anda perlu dana untuk
    memulai bisnis Anda sendiri, atau Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi utang atau membayar
    tagihan Anda, memulai bisnis yang baik, atau Anda menemukan sulit untuk
    mendapatkan pinjaman modal dari bank lokal, hubungi kami hari ini melalui email
    marklouisfinanceoffer@gmail.com untuk Alkitab mengatakan "" Lukas 11:10 Setiap orang yang
    meminta, menerima; orang yang mencari, mendapat; dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu
    akan dibuka "Jadi jangan biarkan kesempatan ini berlalu begitu saja karena
    Yesus adalah sama kemarin, hari ini dan selamanya more.Please ini adalah
    untuk berpikiran serius dan Allah takut People.
    Anda menyarankan untuk mengisi dan mengembalikan rincian di bawah ini ..
    Nama Anda: ______________________
    Alamat Anda: ____________________
    Negara Anda: ____________________
    Pekerjaan Anda: __________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: ______________
    Durasi Pinjaman: ____________________
    Penghasilan bulanan: __________________
    Nomor telepon seluler: ________________
    Apakah Anda mengajukan pinjaman sebelumnya: ________________
    Jika Anda telah mengajukan permohonan untuk pinjaman sebelumnya, di mana Anda diperlakukan dengan jujur?
    di mana perusahaan berada? ...

    Bertindak cepat dan keluar dari tekanan keuangan, kekacauan dan kesulitan dengan
    menghubungi mark louis ftnance Perusahaan Hari via Email di:
    marklouisfinanceoffer@gmail.com.You harus diperlakukan dengan yang terbaik dari kami
    sumber daya sampai Anda mendapatkan dana ini ditransfer ke rekening Anda, dan
    Respon cepat dan cepat Anda menentukan seberapa cepat Anda akan menerima
    pinjaman Anda. Tanpa penundaan Terapkan untuk Pinjaman terbaik dan mudah Anda di sini
    bersama kami. Silahkan email ke Kami di Via
    email: marklouisfinanceoffer@gmail.com
    Salam Hormat
    Dijawab oleh rev, mark louis peterson diberkati.

    ReplyDelete