Friday, 22 March 2013

Me and My Shopping Dedication

Apa definisimu tentang bahagia? Bahagia buat aku bisa berarti macem-macem. Ketemu Mr. Banker, bahagia. Bisa karaoke setelah sumpek dengan kesibukan di kantor, bahagia. Denger ketawanya Baby Nizam di pagi hari, bahagia. Nyium wanginya baju-baju yang abis di-laundry, bahagia. Dapet tiket murah, bahagia. Ngeliat foto-foto hasil liburan, bahagia. Happiness comes from those simple things.

Yang paling terakhir, bahagia itu pulang sambil nenteng belanjaan... Cerita kali ini akan dimulai dengan kebahagiaan aku yang kemaren baru slese shopping di Plaza Semanggi. Pulangnya, bawa tentengan berisi sweater coklat kembaran ama Ratna yang aku udah lupa nama toko tempat belinya, atasan dengan warna ceria berlabel Miss A, en ikat pinggang "Luna Maya for Hardware".

Kalo ada yang penasaran, kenapa namanya ada "Luna Maya"-nya? Ini bukan asal nyomot nama artis kayak nama-nama produk di Thamcit ato Tanah Abang macem "Gamis Syahrini" gitu. Tapi "Luna Maya for Hardware" ini memang merupakan bentuk kerjasama antara Luna Maya dengan Hardware, sebuah brand jeans lokal yang mana target marketnya adalah anak muda. Nama-nama produknya juga berbau Indonesia, macam "Dewata" dan "Swarnadwipa". 

Ini kenapa jadi ngiklan yak? Yah, engga papa lah, sapa tau dengan ngiklanin bisa ketularan seksinya Luna Maya :p Eh, yang bikin hepi lagi adalah waktu belanja di Hardware tadi, kita dapet diskon 20% karena pake CC Mandiri (yang punya CC BCA juga bisa dapet diskon 20% kok). Ini kenapa aku malah ngiklan yang laen lagi? :D

Secara udah lama engga shopping, jadi berasa hepi banget deh! Eh, bentar, bentar, benernya kapan siy, aku terakhir shopping? *mengerutkan kening sambil mengingat-ingat* Oh em jiii, shopping terakhirku ternyata... baru 4 hari yang lalu. Toenkkk!! Baru inget, waktu ke Bandung kemarin, aku ngebeliin 2 topi copet yang lagi dipengenin Mr. Banker. Satu di Rumah Mode, satu lagi di Car Free Day (CFD) Dago. Di CFD, aku juga ngeborong beberapa jilbab en bros. Jadi inget status salah satu temen yang pada intinya berisi "konsumerisme baru adalah hijabers dengan trend-trend hijab terbarunya". That's so true!

Masih inget banget di tahun 2011 kemarin, waktu virus berhijab dengan model unordinary mulai mewabah, Mr. Banker shock liat salah satu transaksi pada tagihan CC-ku yang nunjukin angka 1,2 juta. Aku sendiri lupa transaksi apakah itu, walo tagihannya tetep aku lunasin. Sampe pada suatu saat, aku mau nge-spa di Salon Anaya yang lokasinya jadi satu dengan Moshaict Hijab Store. Seketika aku inget darimana angka 1,2juta itu. Engga lain engga bukan adalah merupakan angka yang aku habiskan dalam sekali belanja di bazaar Moshaict bulan sebelumnya bersama 2 sepupu deketku, Dik Ellys en Dik Maya. Parahnya, waktu aku gesek CC itu buat bayar belanjaan, engga ada titipan belanjaan dari yang laen. It's all mine! Whewww!

Belum lagi duit ratusan ribu yang aku keluarin buat ikut hijab class. Itu juga termasuk satu hal yang membuat Mr. Banker engga habis pikir.  Lha wong udah pake jilbab, kenapa musti ikutan hijab class? Jawabanku saat itu, kan yang diajarkan adalah memakai jilbab model baru. Hehe... Benernya waktu itu pun di youtube juga udah banyak bertebaran hijab tutorial gitu, tetep aja lebih sreg kalo diajarin secara live :p Eh, tapi ada satu hal yang bikin bahagia waktu itu. Aku dapet hadiah shawl gratis karena berhasil menjadi peserta tercepat waktu kontes memakai hijab seperti yang sudah dicontohkan oleh instruktur. Hehehe...

Terkait dengan dedikasiku pada dunia belanja ini (seperti bio-ku di twitter : I don't have a shopping addiction, I have a shopping dedication :p), aku patut bersyukur cos aku bukan termasuk penggila barang bermerk yang harganya jutaan. Coba kalo aku kayak gitu, bisa-bisa aku masuk daftar hitam BI karena CC over limit mulu, hehe... Fashion item-ku yang nilainya di atas 1 juta cuma jam tangan. Tas aja, aku baru punya merk Mango gara-gara dibeliin adikku yang kebetulan saat itu lagi di Barcelona - Spanyol pas lagi ada sale gede-gedean :p

Bukan penggila barang bermerk engga otomatis bikin aku beralih ke barang KW. Bagi aku, kalo engga bisa beli yang bermerk, ya engga usah beli KW-nya. Kalo aku pake KW, engga bakal ada yang positive thinking en ngira itu asli. Kalo aku pake yang asli, juga kayaknya tetep bakal dikira KW *hampa*  

Tampang en tampilanku miskin kali, ya. Masih inget banget waktu lagi di Seibu Grand Indonesia. Waktu itu kita (aku, Dhewi, Ivna) beneran mau belanja (walo bukan buat kita, sendiri tapi buat hadiah), lha kok baru aja masuk Seibu, para pramuniaganya udah ngeliatin kita aja dari atas sampe bawah. Pikir-pikir, kenapa ya, mereka segitunya. Waktu liat tentenganku, baru ngeh kalo aku bawa tas plastik semi kresek bertuliskan nama toko sepatu dan alamatnya di Pasar Baru. Maklum, siangnya baru ngeborong sepatu disana. Lumayan loh, merk Vicari cuma 50 ribu. Barangnya emang bukan keluaran terbaru. Tapi aku masih bisa nemu model yang lucu-lucu disana. Niy penampakan sepasang sepatu yang aku beli di sebuah toko di Pasar Baru...


Tiba-tiba jadi pengen sedikit nulis ala fashion blogger :p
Yang aku pake di foto (mulai dari atas) :
~ Jilbab paris - unbranded, Pasar Besar Malang
~ Bros rajutan - handmade by "tri"
~ Blouse - Moshaict Hijab Store
~ Manset - unbranded, Pasar Besar Malang
~ Jegging - Rodeo
~ Tas - Charles & Keith
~ Sandal - Vicari

Oya, kalo ada yang kepo, itu dimana lokasi pemotretannya. Adalah di Taman Sari Royal Heritage Spa by Mustika Ratu, Kelapa Gading. Aku nge-spa disana pake voucher dari daily deal. Hehe...

Aku emang ngerasa bangga kalo bisa nemu barang lucu dengan harga murah. Cos pada dasarnya, walo bisa disebut penggemar shopping, aku adalah penggemar diskon sejati. Ada yang bilang, aku tuh modis alias modal diskon. Selain berburu diskon langsung di lokasi (mengandalkan pandangan mata), aku juga hobi buka-buka daily deal (kayak pernah aku ceritain disini). Saat berburu barang (ato makanan), kartu kredit juga kudu digunakan secara optimal (tentang bagaimana memanfaatkan CC secara pintar, bisa dibaca disini).

Kalo perlu, ajak temen yang punya CC dari bank yang ngasih promo. Aku en Ivna pernah tuh, waktu mau beli kenang-kenangan untuk 2 kepala seksi yang mutasi, kita ngajakin Yofan yang punya CC BCA. Gara-garanya, kita pengen beliin sepatu Hush Puppies. Waktu itu ada promo CC BCA : belanja 1 juta, dapat voucher 500ribu untuk pembelian selanjutnya. Pastinya itu voucher langsung kita pake dunk! Hehe... *walo buat kado perpisahan, tetep aja usaha menekan pengeluaran :p*

Sebagai penghobi belanja, pastinya aku juga mengkoleksi berbagai kartu member. Poin-poin yang terkumpul lumayan loh, bisa dituker ama voucher yang pastinya buat dipake belanja lagi :D Pake member card juga punya keuntungan lain, misalnya diskon tambahan. Belum lagi info via sms yang mengabarkan adanya promo-promo khusus bagi para member-nya, yang mana akan mendorong aku untuk dateng ke store-nya, trus belanja lagi :D Emm, kok jadi semacam lingkaran setan ya :p


beberapa koleksi store member card-ku

Shopping memang membuat bahagia. Bahkan jalan kaki berjam-jam saat shopping juga bisa-bisanya engga bikin kaki pegel *bisa engga siy, shopping dimasukkan sebagai cabang olahraga baru? :D* Walo begitu, sebagai wanita smart *halah*, shopping juga kudu dilakuin dengan smart. 

Kita sering banget denger kata-kata "shop till you drop". Kalimat ini bener-bener engga banget buat diturutin. Walo lagi stres, kita kudu ngebatesin berapa banyak yang boleh kita belanjakan. Jangan lupa ama perencanaan keuangan yang udah kita susun. Tentang perencanaan keuangan biar jadi cantik, gaya dan tetap kaya, bisa diliat disini.

Oke deh, karena aku lagi stres hari ini, aku shopping lagi yaaa ;)

No comments:

Post a Comment