Saturday, 20 April 2013

Berbagi Ilmu dari Estee Lauder Beautiful Touch Event

Di postingan sebelumnya, aku udah cerita tentang Beautiful Touch Event with Estee Lauder yang mengundang Bobbie Wu, Professional Makeup Artist dari Taiwan.

with Bobbie Wu

Sekarang aku mau sharing ilmu yang aku dapetin dari sana. Berikut ini urutan pengaplikasian make up yang diajarkan oleh Bobbie Wu, tentunya dengan menggunakan produk-produk dari Estee Lauder (foto-foto produk yang ada disini berasal dari website resminya).

1. Bersihkan muka dan gunakan tonic pada kulit agar kulit menjadi kenyal, radiant dan siap menerima pengaplikasian selanjutnya. Pengaplikasian tonic dilakukan dengan menggunakan kapas yang ditepuk-tepuk lembut.

2. Gunakan Advanced Night Repair dari Estee Lauder. Walopun ada kata "night" di dalam nama produknya, serum ini tidak hanya untuk pemakaian malam hari. Namun juga dapat digunakan pada pagi atau siang hari sebelum mengaplikasikan make up. Penggunaan secara teratur akan memperlancar peredaran darah dan memberikan efek lebih muda pada kulit muka.


3. Aplikasikan moisturizer untuk memberikan kadar air sehingga melembabkan kulit.


4. Aplikasikan foundation. Bobbie Wu memberikan teknik "Foundation Flower" dalam pengaplikasian foundation, yaitu dengan mengumpamakan muka kita adalah bunga dengan hidung sebagai kelopaknya. Foundation diaplikasikan sedikit demi sedikit sampai merata dengan menggunakan kuas. Penggunaan kuas ini selain lebih higienis, juga dapat menjangkau area-area yang sulit untuk ter-cover, misalnya sela antara hidung dan pipi.

Foundation yang digunakan adalah Double Wear Stay-In-Place Makeup yang memiliki kelebihan kedap air, tahan lama, dan meresap ke dalam kulit, sehingga kita tidak perlu kuatir make up akan luntur.
Untuk membuktikan sifat kedap airnya, pada saat workshop, Bobbie menyiram tangannya yang sudah dilapisi foundation dengan air, lalu menepuk-nepuknya dengan tissue. Hasilnya, foundation tidak ikut terangkat oleh tissue.

Bobbie Wu membuktikan bahwa foundation yang digunakannya kedap air

5. Aplikasikan concealer untuk menutup area gelap pada mata. Bobbie Wu mengaplikasikannya hanya dengan membubuhkan concealer pada 3 titik di bawah mata dengan menggunakan kuas lalu meratakannya dengan jari.

6. Aplikasikan bedak. Disini Bobbie Wu menggunakan Mineral Rich Loose Powder Makeup. Pengaplikasian bedak dilakukan dengan teknik powder roll on menggunakan kuas, yaitu dengan sedikit mengguling-gulingkan satu sisi kuas. Kemudian untuk meratakan sekaligus membersihkan sisa bedaknya, gunakan sisi kuas yang lain.
7.  Mengaplikasikan pemulas pipi alias blush on. Cukup dengan menyapukan kuas ke arah bawah di 3 titik pada muka yang tersenyum, kita sudah bisa menonjolkan "apple of the cheek".



8. Aplikasikan eyeliner. Nah, ini yang sedikit membuatku heran. Dalam merias mata, biasanya yang pertama diaplikasikan adalah eyeshadow, namun kali ini malah eyeliner duluan. Ternyata alasannya adalah kandungan wax pada eyeliner. Agar eyeliner tidak mudah luntur, triknya adalah dengan mengaplikasikan eyeshadow di atasnya (menumpuk eyeliner tersebut). Oh, I see...

Pengaplikasian eyeliner bukan dengan langsung membuat garis lurus, namun dilakukan sepotong demi sepotong, lalu disambung. Bobbie Wu memberi contoh pada tangannya sehingga peserta langsung memahami.

Bobbie Wu mempraktekkan cara pengaplikasian eyeliner

9. Aplikasikan eyeshadow. Biasanya kita memilih warna eyeshadow yang senada dengan baju yang akan kita pakai. Tapi tidak ada salahnya kalo kita juga memilih warna yang tidak senada untuk memberikan efek tampilan yang berbeda.

 

Dalam workshop kali ini, Bobbie Wu hanya mengajarkan pemakaian 2 warna dalam pengaplikasian eyeshadow, sehingga mudah untuk diterapkan dalam pemakaian sehari-hari. Yang pertama kali dilakukan dalam pengaplikasian eyeshadow adalah, pilih 1 warna soft (misalnya putih), lalu aplikasikan pada seluruh kelopak mata. Selanjutnya, pilih warna yang lebih gelap (misalnya ungu atau abu-abu). Pengaplikasiannya dilakukan sedikit demi sedikit agar terhindar dari blocking dan juga tidak ada serbuk-serbuk yang jatuh mengotori bagian bawah mata. Caranya adalah dengan menekan-nekan kuas dimulai dari bagian tengah mata ke ekor mata. Lakukan dengan lembut karena mata adalah bagian yang sensitif.

10. Aplikasikan maskara. Gunakan maskara dari ujung bulu mata atas. Aplikasikan sedikit demi sedikit secara zigzag. Pastikan satu demi satu helai tersaput maskara. Kemudian aplikasikan juga maskara pada bulu mata bawah. Dengan pengaplikasian yang tepat, penjepit bulu mata tidak lagi diperlukan. Bye bye eyelash curler...

11. Aplikasikan lipstik dengan warna pilihan. Bobbie Wu mengibaratkan penggunaan lipstik adalah seperti memakaikan berlian ke bibir. Hehehe... Oya, sebelum menggunakan lipstik, lebih baik aplikasikan lip gloss terlebih dahulu untuk menghindari tampilan bibir kering dan pecah-pecah.Dalam workshop kali ini, Bobbie Wu menggunakan Pure Colour Vivid Shine Lipstick.

FINISHED!!! Dan beginilah hasil karya Bobbie Wu pada tampilan Yasinta yang menjadi model hari itu.

make up cerah untuk pemakaian pagi/siang hari

Oke, sekian dulu sesi berbagi ilmunya. Moga bermanfaat ;)

No comments:

Post a Comment