Friday, 16 August 2013

Terobsesi Angka

Kayaknya aku termasuk orang yang terobsesi pada angka. Buktinya, kalo lagi shopping bareng temen-temen, trus ada barang diskonan, aku cepet banget ngitung harga nettonya. Untuk itung-itungan lain kayak utang-utangan makan ato belanja bareng, temen-temen deket biasanya juga mempercayakan ke aku buat ngitungin. Sampe-sampe Ratna en Ivna tuh kalo pas engga shopping bareng aku, mereka jadi stres sendiri ngitung utang-utangannya trus jadi nyesel kenapa waktu itu engga ada aku disana. Hadeuh... Hihihi...

Untuk barang kebutuhan sehari-hari pun, aku mungkin engga bisa disebut customer yang loyal. Aku suka banding-bandingin harga beberapa merk produk sejenis untuk kemudian memilih yang termurah. Untuk produk-produk yang memiliki ukuran kuantitas, aku bahkan ngitung harga per-mL atau per-gram-nya untuk mengetahui produk mana yang harganya paling bersaing. Berlebihan, ya? Hehehe... Abis gimana lagi. Kayaknya itu udah jadi semacam habit buat aku >.< Eh, tapi itung-itungan kuantitas yang aku lakukan pastinya engga mengesampingkan kualitas loh, ya...

Terkait angka, tanpa sadar aku juga ternyata bisa hapal nomor-nomor HP beberapa temen. Aku pernah beberapa kali kehilangan HP. Pada suatu ketika, aku berencana ngehubungin seorang sahabat. Aku nyoba aja sms ke sebuah nomor yang ada di ingatanku. Ternyata itu beneran nomor HP sahabatku. Kejadian semacam itu terulang beberapa kali.

Obsesiku dengan angka itu jugalah yang membuatku terdampar ke jurusan Statistika. Tapi trus aku nyesel setelah masuk kesana, cos ternyata Matematika yang aku temukan disana ruwet banget! Ya sudahlah, udah terlanjur lulus ini. Udah lama pulak, lulusnya! Eh, walo aku udah nyandang gelar Sarjana Sains dari Program Studi Statistika, jangan sekali-kali nanya-nanya tentang statistik ke aku. Ilmuku udah ilang semua kayaknya, secara engga kepake sama sekali waktu kerja di Bank X beberapa tahun lalu, plus ngarepnya emang bakal jarang kepake juga disini. Dan aku memang sangat bersyukur karena kerjaanku jauh banget dari statistik. Walo masih berurusan dengan survey ato bikin-bikin grafik, yang penting engga statistik banget, lah! Hihihi... *lulusan macam apa ini*

Btw, jadi pengen majang poto-poto jaman kuliah :p

poto bareng Panitia Pelatihan Software Statistika (mana f-nya?!)

celana model apah ituhh yang aku pake ?!? -_-"

yang ini kayaknya udah pernah dipajang deh *lupa2 inget*

Ngomongin tentang statistik, aku kepo juga ama statistik blog-ku. Tentang berapa jumlah pengunjung,  postingan yang diminati, dari mana aja mereka tau blog-ku, de el el. Dari Blogger sendiri sebenarnya udah nyediain fasilitas itu. Angka  Pageviews yang ada juga bisa ditampilin di blog (kayak yang aku tampilin di blog-ku ini, pada menu "Total Pageviews"). Hanya saja untuk ngeliat detilnya kudu login ke akun blogger-ku dulu.

Nah, masalahnya, kadang aku suka buka blog-ku sendiri buat nyari sebuah info disana. Pengennya sekalian liat traffic counter gitu. Karena fasilitas yang disediain Blogger hanya bisa menampilkan angka Pageviews, kayaknya kurang menghibur gitu deh. Jadi aku pake tambahan counter. Kemarin-kemarin aku pake histats sebagai traffic counter-ku. Tapi gara-gara blog-ku ganti nama jadi www.istithoriqi.com akhir Juli kemarin, menu "Stats at The Time" yang memuat hasil perhitungan dari histats itu jadi error.

Daripada bingung memperbaiki ke-error-an yang ada, mending aku daftar lagi aja, tapi ke website laen. Kali ini aku nyoba pake statcounter. Kelebihan pake statcounter yaitu informasi yang dia sajikan lebih detil. Bahkan disini juga bisa keliatan berapa jumlah pengunjung baru dan berapa jumlah pengunjung lama yang balik lagi (terima kasih kepada para pembaca setia blog saya :-*). Para pengunjung blog pun bisa langsung mengakses statistik tersebut lewat menu "View My Stats" yang ada di sebelah counter.

Nah, karena penggunaan statscounter baru dimulai hari ini, harap maklum kalo angkanya kecil, jauh banget dari angka di "Total Pageviews" yang udah jalan dari saat aku mem-publish tulisan pertama di blog ini yaitu bulan Mei 2012.

Hmm, mengingat blog ini bukanlah blog tentang tutorial blogging, mari kita sudahi postingan kali ini.  Sekian dan terima kasih :)

No comments:

Post a Comment