Tuesday, 1 October 2013

Ada yang Berubah

Kemarin Fiki bbm, bilang kalo dia bingung cos waktu buka blog, tulisan pertama yang muncul adalah tentang Nostalgia PSM UB. Secara tulisan itu udah lumayan lama, ya aneh aja kalo bisa muncul di halaman utama. Tapi trus dia nyadar kalo blog-ku lagi di-update.

Jadi, dalam rangka mengakhiri bulan September en mengawali bulan Oktober ini, hal pertama yang aku lakukan adalah mengubah kategori ato label di tulisan-tulisanku. Bila dari awal mula, labeling-nya berhubungan dengan warna, sekarang diganti tentang topik. Sedikit menengok ke belakang, waktu aku membuat blog, waktu itu aku pake warna sebagai label biar beda ama blogger lain. Kan unik aja, gitu, labelnya pake warna. Selain itu, tema warna memang cocok banget dengan judul blog-ku ini, "Rainbow Journey".

jadi kenangan ya...

Trus kenapa tiba-tiba berubah?

Karena makin lama, aku makin bingung menentukan label untuk tulisanku. Setelah bikin tulisan, yang aku lakukan biasanya membuka blog buat ngeliat arti warna yang aku pasang di bagian kiri bawah blog-ku. Abis itu pusing sendiri cos ternyata ada tulisan yang kayaknya engga cocok dengan pelabelan warna apapun. Trus ujung-ujungnya jadi maksa nempelin warna. Hihihi...

Berangkat dari kepusingan itu, jadilah aku memutuskan untuk merombak semuanya. Penggantian label itu ternyata lumayan makan waktu juga. Belum lagi karena di setting-an postingan (munculnya waktu aku bikin tulisan), setting "labels" berdekatan dengan "schedule", maunya nge-klik "labels" tapi yang di-klik malah "schedule". Abis itu ke-klik "Automatic". Jadilah tulisan yang sebenarnya sudah dibuat jaman dahulu kala tiba-tiba berubah menjadi tulisan terbaru. Itulah yang membuat Fiki bingung waktu membuka blog-ku kemarin. Mungkin juga ada beberapa pembaca lain yang mengalami kebingungan yang sama.

Sebagai tindakan preventif atas aksi anarkis yang mungkin timbul dari kekacauan di blog-ku, sebelum membenahi semuanya, aku bikin pengumuman dulu di FB Page. Hihihi... saya akui, saya memang lebay.

Untungnya, kekacauan yang terjadi tidak terlalu parah. Saat melakukan pengecekan ke lapangan, ternyata hanya ada 3 tulisan yang mendadak menjelma menjadi tulisan  terbaru. Segeralah dilakukan tindakan perbaikan. Selanjutnya, pekerjaan yang menunggu adalah mengganti semua label. Didukung dengan koneksi internet yang kadang lemot (padahal aku engga ngandelin wifi), pekerjaan satu ini lumayan menguras emosi juga. Tapi Alhamdulillah, sekarang udah beres semua.

Dengan pelabelan yang baru ini, mudah-mudahan pembaca bisa lebih terbantu untuk mencari tulisan yang dibutuhkan #halah, berasa nulis ensiklopedia

Hmm, maksudku bukan sok dibutuhin ato apa, ya. Pengalamanku selama ini siy, kalo baca blog-nya orang, trus pengen baca tulisan lain, aku menentukan pilihan berdasarkan kategori ato labelnya. Nah, kalo aku melakukan hal seperti itu waktu blogwalking ke rumah orang, kenapa aku engga menerapkannya untuk teman-teman yang blogwalking ke rumahku?

Bener engga, siy? Hehehe...

Sebagai penutup, kalo teman-teman punya saran ato kritik terkait blog-ku, jangan sungkan untuk menyampaikannya, ya. Kalo engga enak buat nulis di komen karena bakal dibaca sama yang lain, boleh lewat email ke isti@istithoriqi.com. Ditunggu :) Siapa tau perubahan yang disarankan oleh teman-teman bisa membuat blog ini makin berkualitas.

Oke, sekian konferensi pers saya hari ini. Terima kasih atas permaklumannya dan terima kasih sudah menjadi pembaca setia :-*

No comments:

Post a Comment