Tuesday, 17 June 2014

The Liebster Award - PR Berantai

Dulu, kalo baca-baca blog-nya orang en nemu tentang award antar sesama blogger gitu, saya suka bingung. Itu gimana ceritanya siy, kok bisa dapet award kayak gitu? Maklum, saya memang blogger yang kurang gaul dalam soal per-blogging-an :p Tak disangka tak dinyana, akhir bulan kemarin saya dapet award juga. Langsung dari 3 teman! Oke, engga dalam waktu bersamaan, tapi pastinya deketan lah. Namanya Liebster Award. Liebster Award pertama datang dari Mak Efi pada 23 Mei, selanjutnya 28 Mei dari Mak Riski, dan yang terakhir yaitu 9 Juni diberikan oleh Mak Cova.

sebentuk hadiah manis

Makasiy banyak saya haturkan kepada Mak Efi, Mak Riski, dan Mak Cova yang udah kepikiran nama saya buat dikasih The Liebster Award ini. Sebelumnya saya ceritakan sekilas tentang apa siy, Liebster Award itu? Saya gabungin aja ya, penjelasan dari ketiga emak gaul ini (plus ditambah pemaknaan dari saya sendiri). "Liebster" itu sebuah kata dari bahasa Jerman, yang artinya dalam bahasa Inggris adalah sweetest, kindest, nicest, dearest, beloved, lovely, cute, valued, kind, pleasant. Liebster Award ini semacam PR berantai. Jadi, saya dapet PR untuk bikin sebuah tulisan dan nantinya saya bakal ngasih PR yang sama juga buat 11 teman yang lain. Award ini bisa dibilang merupakan sebentuk hadiah manis dari seorang blogger untuk blogger lainnya dan dimaksudkan sebagai ajang silaturahim atau saling mengenal antar blogger.

Begini aturan mainnya.
  1. Post-kan award ini ke blogmu. Iya, blogmu #terdodit *sama kayak Mak Efi, saya juga ngefans ama Si Dodit inih :p*
  2. Sampaikan terimakasihmu sama teman blogger yang sudah mengenalkan award ini dengan membuat back link ke blognya.
  3. Share 11 hal tentangmu. Iya, kamu #terdoditpart2
  4. Jawab 11 pertanyaan yang diberikan.
  5. Pilih 11 teman blogger dan berikan 11 pertanyaan lain yang kamu kepengin tahu *pastinya bukan hal-hal yang bersifat rahasia macem pin ATM ato nama selingkuhan #eh*

Oke, langsung aja saya kerjain PR-nya ya.
Untuk aturan main nomer 1 dan 2, udah ada kan ya, di paragraf pertama dan kedua tulisan ini.

Selanjutnya, 11 hal tentang saya. Cekidot.
  1. Penyuka traveling yang punya impian bisa keliling Indonesia. Saya juga suka menuliskan pengalaman-pengalaman saya saat traveling di blog, walo tidak semuanya. Oya, karena saya tidak mengkhususkan diri dalam travel blogging, mohon dimaklumi kalo gaya penulisan saya tidak seperti gaya travel blogger kebanyakan. Lebih dalam tentang passion saya tentang menulis dan traveling, bisa dibaca di sini.
  2. Ekspresif, moody, dan narsis. Orang-orang di sekitar bisa tau apa yang sedang saya rasakan. Oya, saya bisa menjadi teman yang sangat menyenangkan kalo lagi hepi. Tapi ati-ati kalo mood saya lagi buruk. Senggol bacok, deh :D Tentang narsis, engga perlu banyak penjelasan, lah, ya...
  3. Suka segala macem warna, kecuali biru. Entah kenapa saya engga suka warna biru. Mungkin karena kalo saya pake jilbab biru, muka saya jadi keliatan gelap. Ato karena penyuka warna biru sudah terlalu banyak? Walo begitu, saya tetep punya baju-baju berwarna biru *pastinya seragam juga termasuk*. Walo saya engga ada preferensi tertentu tentang warna, sebagian besar barang dan pakaian saya berwarna pink. Cos bagaimanapun, warna pink selalu terlihat cute, kayak kamu... Iya, kamu... #terdoditpart3
  4. Love to sing. Saya paling suka diajakin karaoke! Lagu-lagu yang saya pilih dalam playlist terdiri dari berbagai genre, dari mulai pop ampe dangdut. Meskipun cinta mati saya adalah pada lagu-lagu oldies, evergreen gitu, saya jarang membawakan lagu-lagu ini di muka umum, terutama bila para partner karaoke saya, biasanya de Lima, yang engga terlalu familier ama lagu-lagu ini. Sebenernya saya juga engga terlalu update untuk lagu-lagu baru, tapi biasanya ada Ratna yang kasih info biar lumayan gaul. Hahaha...
  5. Miss matching, kalo kata orang-orang. Kalo lagi pake baju pink, saya suka pake tas pink en sepatu pink juga. Walo gaya seperti ini kayanya sekarang udah engga ngehits, secara tabrak warna dan tabrak motif udah menjadi trend pada saat ini *mungkin karena Dian Pelangi*, saya bisa dibilang lumayan setia pada aliran ini. Eh, tapi kayanya sekarang saya mulai keluar jalur deh. Contoh niy, kalo ketemu saya yang lagi berangkat ke kantor, jangan heran kalo saya jauh dari tampilan miss matching. Yang ada miss gembel. Cuma pake sendal jepit soalnya. Hihihi... Oya, kalo lagi traveling, saya juga engga maksa buat matching. Kebayang rempongnya kalo saya musti bawa tas jalan en sepatu yang cocok ama baju warna-warni saya -_-"
  6. Yakin bahwa shopping bisa menghibur hati yang gundah. Ada sebuah kalimat bijak yang menyebutkan ini :  "Money can't buy happiness, but it can buy shoes, and that's kind of the same thing". It's so true! Untungnya saya sekarang udah engga terlalu tergila-gila sama sepatu. Bukan apa-apa, karena kuatir rempong kalo saya pindahan kelak. Hehehe...
  7. Suatu saat nanti pengen resign dari pekerjaan saya ini buat mengurus suami dan anak *yang entah kapan akan hadir* sambil mengurus bisnis spa *yang juga entah kapan bisa tercapai*. Selagi itu semua belum terwujud, saya mencoba menikmati dan mensyukuri apa yang saya punya sekarang ini...
  8. Engga pernah punya keinginan untuk tinggal di Jakarta. Kalo bisa, malah jangan sampai kerja disini. Apa daya takdir membawa saya menghirup nafas Jakarta. Sudah hampir 3 tahun, malahan. Daripada mengeluh, saya memilih untuk bersyukur. Karena di Jakarta ini saya mendapat banyak pengalaman berharga. Hobi traveling pun bisa didukung dengan keberadaan saya di Jakarta ini ;)
  9. Engga pernah bisa mengerti dimana serunya nonton bola. Pemain yang katanya ganteng-ganteng juga tetep engga menumbuhkan semangat saya buat nonton. Kepikiran nulis ini gara-gara lagi rame Piala Dunia. Hehehe...
  10. Kuliner yummy bisa menciptakan kebahagiaan instan bagi saya. Sebuah milkshake vanila yang enak bisa membuat saya tersenyum lebar dengan hati berbunga-bunga. Kalo saya lagi sedih ato galau, orang-orang terdekat udah tau banget apa yang harus dilakukan. Mereka langsung nanya, aku lagi pengen makan apa. Sedikit banyak, makanan enak bisa mengembalikan keceriaan saya :D
  11. Jarang tampil di muka umum dengan muka polos. Saya bukan penggila make up. Tapi kebiasaan yang saya jalani di saat kerja di bank masih menimbulkan perasaan bersalah dalam diri kalo saya tampil seadanya. Kalo saya cuma jalan ke Indomaret deket rumah ato makan di warung tegal siy, saya juga engga akan nyempetin ber-make up. Tapi kalo saya lagi ngantor ato nge-mall, saya selalu menyempatkan diri membubuhkan make up. Saya hanya melewatkan blush on, kecuali untuk acara tertentu. Make up minimalis saya selalu menyertakan pensil alis, maskara, eyeliner, en lipstik, deh. Oke, sepertinya engga bisa dibilang minimal juga siy. Hobi traveling tidak menjadikan saya membuat perkecualian untuk hal satu ini. Saya tidak perlu kuatir menghabiskan waktu karena saya hanya membubuhkan 5 menit (ini serius) untuk mengoleskan mulai pelembab, sunscreen, dan seterusnya sampai lipstik sebagai sentuhan terakhir. Yang bikin rempong adalah saya harus selalu menyediakan space di ransel ato tas tangan saya untuk atribut lenong ini >.<

Sekian tentang saya...

Kemudian saya akan menjawab 33 pertanyaan. Banyak bener, yak? Yang pertama adalah 11 pertanyaan dari Mak Efi.
  1. Apa yang bisa jadi booster buat ngeblog? Pastinya kalo lagi ada ide. Tentang apa saja... Ide paling banyak pastinya muncul kalo saya abis traveling. Tapi pada dasarnya saya suka cerita. Jadi kalo saya lagi pengen cerita, tentang apa pun itu, ya saya nge-blog.
  2. Hewan apa yang menurutmu lucu dan yang bikin parno? Kucing. Waktu kecil saya engga takut ama kucing. Tapi saya yang memang punya asma dimarahin ortu kalo deket-deket kucing, kuatir alergi. Lama-lama yang ada jadi heboh kalo ada kucing ngedeketin.
  3. Lagi suka acara tv apa dan kenapa? Engga suka nonton tivi. Kalopun nonton, Bernard Bear dan Larva. Bukan karena suka, tapi karena jadwal malem saya adalah nemenin Nizam main sambil nonton tivi.
  4. Paling jago soal apa, sih? Menurut saya, saya gampang ngobrol dengan siapa saja. Tapi bukan jago komunikasi juga, siy. Jago ngobrol aja. Hahaha...
  5. Apa yang bisa bikin ilfil dari orang yang baru dikenal? Bau badan. Saya udah males deket-deket orang yang punya BB. Maafkan hidung saya yang sensitif ya :(
  6. Artis atau aktor atau bisa jadi tokoh lainnya yang sedang digandrungi. Saya selalu merasa kagum dengan sosok Fira Basuki. Saya suka tulisannya, pembawaannya, dan salut dengan ketegarannya dalam menghadapi cobaan kehidupan. Beruntung saya pernah melihat langsung sosoknya dalam sebuah launching buku.
  7. Siapa nama guru yang paling dikenang dan punya kenangan apa? Bu Wati. Wali kelas saya di kelas 2 SD itu sangat tegas dan disiplin. Beliau juga selalu mendorong murid-muridnya untuk maju. Pada saat kelas 1 SD, percaya atau tidak, dalam 3 caturwulan, berturut-turut saya menduduki ranking 36, 27, 19. Walopun meningkat pastinya jauh dari kata membanggakan. Tapi di kelas 2 itu saya bisa meraih ranking 1. Seterusnya, saya selalu menduduki peringkat 3 besar. Para pembaca mungkin merasa bahwa itu bukanlah suatu hal yang penting. Please deh, SD gitu loh. Yang membuat saya terkenang, keberhasilan saya yang bisa mendapat loncatan drastis soal ranking waktu itu sering diceritakannya di depan teman-teman saya yang lain. Pujian beliau itu membuat saya merasa mendapatkan apresiasi, penghargaan, dan meningkatkan rasa percaya diri saya. Bagi seorang anak kecil, hal-hal itu sangat penting karena akan mempengaruhi kehidupannya di masa-masa yang akan datang. Itu menurut saya loh... Saya juga bukan pakar psikologi. Hehehe...
  8. Kalau tidur, lebih suka lampu nyala atau mati? Lampu nyala. Saya takut gelap, kecuali bila saya engga tidur sendirian :p
  9. Obsesi apa yang belum kesampaian? Punya anak. Eh, tapi kalo dibilang obsesi, bukan obsesi juga siy. Anak kan termasuk rejeki dari Tuhan, jadi kalo memang belum rejekinya ya engga bisa dipaksain :)
  10. Lagu apa yang enggak banget tapi suka terngiang-ngiang? Lagu Kangen-nya Ardina Rasty yang kayak gini : "Aku kangen kamu, sayang, masih kangen kamu sayang". Mungkin karena saya jauh dari suami, jadi sering ngerasa kangen sama dia #eaaa #ujung-ujungnyaromantis
  11. Apa yang dibilang orang tentang kamu? Sebentar, saya tanya tetangga sebelah kubikel. Ini serius. Beberapa detik kemudian, saya udah dapat jawabannya. Cheerful katanya :D

Next, 11 pertanyaan dari Mak Riski.

    1. Apa arti nama teman-teman? Kelurusan, ketulusan.
    2. Apa warna favorit teman-teman? Di bagian "tentang saya", udah saya ceritakan. Saya suka semua warna kecuali biru, tapi sebagian besar barang saya berwarna pink.
    3. Pilih libur Minggu atau Jumat? Kenapa? Minggu, karena bisa bangun siang. Kalo Jumat, belum boleh bangun siang. Hahaha...
    4. Kalau boleh bebas memilih, pilih hidup di desa atau di kota? Kenapa? Walo desa menawarkan kedamaian dan ketenangan, saya tetap memilih hidup di kota. Desa boleh lah, untuk ditinggali tapi hanya untuk beberapa hari, sekedar untuk liburan. Karena sepertinya saya engga mungkin hidup tanpa mall di dekat saya :p
    5. Apa saja cita-cita teman-teman waktu kecil? Di awal SD punya cita-cita dokter *bukan anti mainstream*, trus berubah jadi astronot. Trus kepikiran gimana caranya saya tau jadwal sholat kalo lagi di luar angkasa (!), jadi saya membatalkan cita-cita jadi astronot itu. Ganti cita-cita jadi penulis. Trus waktu SMP ganti lagi jadi akuntan *cita-cita yang aneh untuk ukuran anak SMP*. Waktu SMA engga punya cita-cita, trus waktu kuliah pengen jadi pegawai bank yang Alhamdulillah sempat terwujud *oke, jaman kuliah udah engga bisa dibilang anak kecil yak*.
    6. Suka koleksi benda apa? Waktu kecil siy saya hobi filateli, jadi saya mengkoleksi benda-benda pos. Sekarang saya mengkoleksi potongan kenangan #halah
    7. Pilih emas atau tanah untuk investasi? Kenapa? Pilih emas, karena saya engga punya uang banyak buat beli tanah -_-" Alasan lainnya, karena emas itu likuid, gampang dicairkan kalo saya BU :p
    8. Tanaman apa yang teman-teman tanam di rumah? Saya engga punya tanaman di rumah. Pernah mencoba memelihara mawar, tapi langsung layu hanya dalam beberapa hari. Pernah juga kaktus, tapi trus lupa kalo punya begituan >.< Sepertinya saya tidak dikaruniai tangan hijau...
    9. Ingin sekali liburan kemana? Kalo di Indonesia, saya pengen mengunjungi "rumah" orangutan di Tanjung Puting, Kalimantan Tengah. Kalo ke luar negeri, saya pengen ke Venesia trus berlayar bersama orang tercinta dengan perahu gondola disana.
    10. Apa yang akan dilakukan kalau punya toko buku seperti Gramed? Sering mengadakan talkshow antara penulis dengan pembacanya.
    11. Apa buah kesukaan teman-teman? Durian. Pada dasarnya saya suka semua buah kecuali pear. Engga tau kenapa, saya engga suka ama pir, kecuali pear packham, yaitu pir hijau yang bentuknya kayak jambu gede itu.

    Lanjut ke 11 pertanyaan dari Mak Cova.

    1. Sebutkan sebuah nama yang paling kamu sukai dan alasannya. Nama suami saya. Engga usah disebut lengkapnya ya... Pastinya nama "Thoriqi" yang saya cantumkan di belakang nama saya itu milik suami saya. Engga ada alasan pastinya siy, mungkin karena kadung jatuh cinta sama yang punya nama :D
    2. Apa pelajaran favorit saat sekolah? Matematika. Sampe sekarang pun, angka-angka terlihat menarik bagi saya.
    3. Pilih jalan-jalan ke pantai atau pegunungan? Alasannya.. Sebenarnya saya suka keduanya. Tapi karena effort untuk ke pantai tidak seberat ke gunung, biasanya saya lebih memilih pantai. Tapi jujur, saya masih memendam keinginan untuk naik gunung. Apalagi pemandangan di pegunungan lebih bervariasi daripada pantai.
    4. Pilih Jepang atau Korea? Alasannya.. Jepang, tapi bukan di kota-kota modern-nya, melainkan di daerah-daerah yang masih asli Jepang banget. Emm, apa siy, jadi ruwet sendiri. Hahaha...
    5. Apa tokoh princess yang paling menggambarkan diri kamu? Mungkin Jasmine karena sepertinya saya berjiwa bebas, suka berpetualang, agak pemberontak, tapi baik hati #ehem
    6. Pilih pekerjaan yang gajinya gede atau pekerjaan yang sesuai passion? Pekerjaan yang sesuai passion, karena kita akan lebih enjoy saat mengerjakannya. Jadi kita seperti tidak sedang bekerja, melainkan bersenang-senang :)
    7. Lebih suka maxi dress atau celana panjang? Sebenarnya saya lebih menyukai tampilan saya dalam maxi dress. Sayangnya, untuk alasan kepraktisan, terpaksa saya memilih celana panjang.
    8. Karya ketrampilan apa yang pernah kamu buat, yang terbaik menurut kamu? Engga bisa bikin prakarya apa-apa kecuali kristik (jahitan silang) yang jaman SD dulu sering saya bikin di waktu luang :D
    9. Tempat paling mengesankan yang pernah kamu kunjungi? Pantai Ora di Maluku Tengah, termasuk Desa Saleman yang merupakan pintu gerbang kesana.
    10. Menurutmu apa cinta sejati antara pria dan wanita itu ada? Ada...
    11. Bagaimana caramu menghilangkan kesedihan? Dengan mengingat pengalaman-pengalaman sedih di masa lalu dan bagaimana akhirnya saya bisa move on pada saat itu. Kalo pada saat itu saya bisa, kenapa sekarang tidak? Karena seperti lagunya Chrisye, Bad Day pasti berlalu :)

    Akhirnya... selesai juga sesi "wawancara" ini *lapkringet*. Sekarang saya kudu kasih 11 pertanyaan kepada 11 blogger lain.

    1. Alasan nge-blog.
    2. Hobi yang masih sering dilakukan sampai sekarang.
    3. Tujuan wisata yang ingin dikunjungi.
    4. Kota di Indonesia yang paling disukai beserta alasannya.
    5. Satu kata yang menggambarkan dirimu.
    6. Satu kata yang menggambarkan diri saya *maap, nyambungnya ke saya lagi :p*
    7. Makanan teraneh yang pernah dicoba.
    8. Lagu favorit sepanjang masa.
    9. Prestasi/pencapaian terbesar yang pernah diraih.
    10. Quote (kata bijak) yang paling menginspirasi.
    11. Impian yang sudah menjadi kenyataan.

    Hal-hal di atas pengen saya tanyakan pada :

    1. Ivna Prawesti
    2. Ratih Estiani
    3. Erma Riestiana
    4. Khalida Fitri
    5. Tuning Rahayu
    6. Putri Baiti Hamzah
    7. Florentina Ekine
    8. Adittya Regas
    9. Widhy Roviantika
    10. Sigit Yulianto
    11. Javas K. Niscala

    Mudah-mudahan berkenan untuk menjawabnya... Eh, tapi engga maksa juga, kok :D Monggo diestafetkan, semoga tidak memberatkan...
    Ato mungkin ada yang pengen mengikutkan diri ke sini? Boleh banget!

    14 comments:

    1. Yuhuuu... ternyata memang kita sama2 ga pernah bermimpi untuk ke Jakarta tapi akhirnya berterimakasih juga pada Jakarta ya Mbak.. jadi pengen ketemu lagi deh.. eh kapan2 ngebolang bareng yuk Mbak.. ke Semarang gimana? mau ga? kita datangi tuh para blogger2 Semarang buat numpang makan dan mandi #eh :D

      ReplyDelete
    2. Alhamdullilah dapat PR hahaha
      sebenarnya ada PR juga yang belum dikerjain, entar digabung aja kali ya hhe

      ReplyDelete
    3. Makasih mak udah jawabin pertanyaanku hehehe. Ternyata kita sama-sama pecinta keterangan *apaan sih* maksudnya tidur pake lampu. Meski pun secara perlahann itu ngabisin APBN buat belanja energi, ya. hahaha.... *lebay ga, sih* Abis dari kecil udah terbiasa kayak ini.

      ReplyDelete
    4. @Mak Riski : Hihi, iya Mak, kita sama... *tosss* Ngebolang bareng? Mau, mau... Kayanya di semarang juga banyak blogger ya, Mak...
      @Mak Dwina : Mak cantik... kangen jugaaa... Ada acara KEB apa ya, deket2 ini, pengen ketemu :-*
      @Adittya : Hihihi... selamat ya... Boleh, boleh, digabungin aja. Ditunggu yaa...
      @Mak Efi : Aku tadi bingung apa itu pecinta keterangan. Ternyata... Hahaha... Jadi dirimu itu nyari temen, Mak? :D Aku waktu kecil takut kalo ada monster di bawah tempat tidur. Sekarang takut hantu *parno*

      ReplyDelete
    5. pertama2 aku mau cium2 dirimu dulu mak, krn udah bersedia mengeksekusi peer dariku.. *kiss kiss*
      kedua aku pengen peluk dirimu yg ternyata banyak kesamaan dgnku.. hahaaay..*peluk*
      suatu saat pengen resign, n ga punya keinginan tinggal di jkt << sama bgt
      termasuk yg lbh milih jepang, clana panjang, milih pkerjaan yg sesuai passion.. sama jg.. :D
      yg ga sama ini: aku ga bisa dandan! ajarin dooooonk.. hihihi
      tengkyuuu bgt yaaa ^^

      ReplyDelete
    6. Hahaha, kok bisa ya, kita punya banyak kesamaan gini :D *kiss kiss en peluk peluk balik Mak Cova*
      Hah, masa siy Mak Cova yng kreatip ini engga bisa dandan! Engga percayaaa...

      ReplyDelete
    7. klo saya, shopping malah nambah stres mak hihihi...
      br semprt mampir ke postingan ini...
      nanti maen2 lg ksini nyari postingan LDM :D

      ReplyDelete
    8. Kemarin saya juga dapat beginian, tapi belum sempat nulis. He-he...

      ReplyDelete
    9. @Mak Nathalia : Makasiy udah mampir ya, Mak... Monggo kalo mau diubek-ubek lagi, cari yang tag-nya "Mr. Banker", hehe..
      @Mas Lutfi : Ngerjainnya nunggu waktu luang ya, Mas? Semangat!!

      ReplyDelete
    10. pertama-tama, mau berterima kasih ke mbak isti..karena sudah memberikan 11 PR kepada saya...bener-bener PR banget mbak, hi8.

      Yang kedua, mau minta maaf karena sampe sekarang belum kerjain PRNya...ampuni saya bu gulu...saya lagi males nulis bbrp hari ini, huhuhu... cerita kita yang di Padang kemarin aja mau aq tulis lengkap belum sempet2..bawaanya pengen mbaca2 aja...ntar kalo aq tiba2 rajin, aku kerjain PRnya ya bu gulu...

      Terima Kasih..

      ReplyDelete
    11. Hahaha... maap ya bumil, saya kasih PR yang PR banget :p
      Don't worry, engga ada deadline-nya kok, dikerjain kalo tiba-tiba tergugah aja ya... hihihi...

      ReplyDelete
    12. Saya boleh ikutan, ya, Mbak, http://cahpulokulon.blogspot.com/2014/07/the-liebster-award.html

      ReplyDelete
    13. Waaa...dapet liebster juga ya. Saya udah mampir, malah lebih banyak tuh, PR-nya :D

      ReplyDelete