Thursday, 15 January 2015

Kisah Saya dan Kumpulan Emak Blogger

KEB alias Kumpulan Emak-Emak Blogger, sebuah komunitas blogger perempuan Indonesia yang ribuan anggotanya tersebar di seluruh penjuru negeri, bahkan banyak juga yang tinggal di luar negeri. Sebuah komunitas yang digagas oleh Mira Sahid melalui sebuah Page di Facebook pada tanggal 18 Januari 2012 ini mempunyai tagline "Kami Ada untuk Berbagi". Para anggotanya memang secara rutin saling berbagi inspirasi, informasi, motivasi dan karya melalui blognya masing-masing.

Saya sendiri mengenal KEB secara tidak sengaja. Tidak ada yang memperkenalkan saya pada KEB. Semuanya bermula karena pada masa awal saya nge-blog, saya sering bertanya-tanya, dimana saya bisa menemukan orang-orang yang tepat untuk belajar tentang dunia blogging. Tentang bagaimana menulis yang baik, tentang membuat blog yang menarik, dan sebagainya. Saya pun iseng browsing. Dari situlah saya menemukan Facebook Group KEB. Disana para anggotanya berbagi tentang berbagai hal, terutama berbagi karya. Ada juga diskusi tentang blogging disana. Bahkan ada juga kelas menulis. Wow, menarik sekali!

Saya pun memberanikan diri untuk mengirim message pada Emak Admin alias Makmin. Memperkenalkan diri sekaligus meminta ijin untuk bisa bergabung di komunitas. Alhamdulillah, keinginan saya disambut dengan baik oleh Makmin. Setelah menjadi member, barulah saya tahu bahwa KEB juga sering berpartisipasi dalam berbagai event, seperti seminar, workshop, dan launching buku.

Event pertama yang saya ikuti adalah launching buku terbaru dari penulis favorit saya yaitu Fira Basuki. Karena peluncuran buku "Cerita Di Balik Noda" itu jatuh pada hari kerja, saya nekat minta ijin ke atasan untuk bisa menghadirinya. Alhamdulillah dapat ijin. Saya merasa beruntung sekaligus berterimakasih sekali kepada KEB karena kalau bukan member KEB, saya tidak mungkin bisa bertemu langsung dengan penulis idola saya tersebut.

peluncuran buku "Cerita Di Balik Noda"

bersama emak-emak blogger selesai acara launching buku
(foto dari blog-nya Mak Winda)

Oya, yang saya ingat dari acara hari itu adalah saya termasuk peserta yang datang pertama kali ke lokasi. Mungkin terlalu excited plus kuatir kehabisan kursi sampai-sampai saya datang kepagian. Karena bingung engga tau musti gimana, saya bolak-balik sms Mak Mira Sahid. Sampai akhirnya Mak Haya Aliya Zaki datang dan menjadi anggota KEB pertama yang saya temui.

Kenapa yang saya recokin adalah Mak Mira Sahid? Karena yang woro-woro di group FB untuk acara ini memang Mak Mira Sahid. Saat itu saya, walaupun saya sudah bergabung dengan KEB, saya belum mengenal sama sekali para Admin KEB dan juga anggota lainnya. Saya bahkan belum tahu kalau Mak Mira Sahid adalah MakPon alias pendiri KEB. Beliaulah orang pentingnya KEB. Jajaran eksekutif lah, kalau boleh dibilang begitu. Saya yang masih member baru kok ya berani-beraninya men-sms MakPon bolak-balik hanya untuk mengecek MakPon sudah sampai dimana. Sungguh kurang ajar, ya, saya ini >.< Alhamdulillah, dari situlah saya mengenal penyuka warna ungu ini sebagai sosok perempuan tangguh yang ramah dan tidak sombong. Beliau bahkan tidak segan meladeni member barunya yang geje seperti saya. Mohon maaf ya, MakPon... *sungkem*

profil MakPon Mira Sahid di Majalah Annisa
(foto dari blog-nya Mak Mira Sahid)

Event KEB selanjutnya yang saya ikuti adalah perayaan ulang tahun KEB yang pertama. Alhamdulillah kali ini jatuh pada hari libur sehingga saya engga perlu minta ijin lagi ke atasan untuk bisa hadir. Event yang dihelat secara sederhana tapi tetep meriah ini berlangsung di sebuah room yang luas di Inul Vizta Plaza Semanggi. Dari sini saya bisa makin mengenal para emak blogger. Perempuan-perempuan smart yang bisa serius dalam berkarya namun juga bisa sangat "gila" kalau sedang santai. Hehehe...

hepi di ultah KEB yang pertama
(foto dari blognya Mak Giarti)

Kemudian ada juga beberapa event lain yang saya ikuti, seperti Kolaborasi Komunitas KEB - HijabSpeakFest di fX Sudirman. Dari menyimak talkshow yang dibawakan oleh Mak Shinta Ries dan Mak Mira Sahid, saya jadi terinspirasi untuk mengubah nama domain menjadi nama sendiri tanpa embel-embel nama hosting. Kerennya, engga cuma memberi saran, di tengah kesibukannya, Mak Shinta bahkan tanpa segan membantu proses migrasi domain saya!Makasiy buanyak ya, Mak! *kecupbasah*

Mak Haya, Mak Shinta, Mak Mira, dan Mak Aulia
dalam event HijabSpeakFest
(foto dari Mak Aulia Gurdi)

foto bareng di acara HijabSpeakFest
(foto dari Mak Sumiyati)

Acara lain yang saya ikuti adalah acara halal bihalal #KEBSyawalan2013 dimana saya jadi salah satu MakPan (emak panitia), Penganugerahan Srikandi Blogger 2014 yang sangat berkesan karena saya mendadak jadi MakMod (emak model), buka bersama di bulan Ramadhan tahun kemarin alias #BukBerKEB 2014, serta halal bihalal serentak 6 kota #KEBersamaan2014.

Para MakPans di #KEBSyawalan2013

#KEBSyawalan2013 (foto dari MakPon Mira Sahid)

mendadak model di Anugerah Srikandi Blogger 2014
(photo by Mak Maria Sitinjak)

#BukBerKEB 2014

bersama Mak Diah Woro, Mak Winny dan Mak Arin
di #KEBersamaan2014

halal bihalal di Jakarta (Depok, lebih tepatnya)
masih di #KEBersamaan2014

Keberadaan saya di KEB membuka pintu ke komunitas lain yang tak jauh dari dunia perempuan maupun dunia penulisan. Misalnya seperti event #SundaySharing yang diadakan oleh Blogdetik dimana saya sempat menjadi Wakil Ketua Kelas dalam penyelenggaraannya yang ke-5. Event ini dikenang sebagai event Sunday Sharing pertama yang ada poster iklannya sekaligus yang pendaftaran pesertanya paling membludak! Alhamdulillah... Kehebohan acara ini terangkum dalam tulisan salah satu wartawan detikTravel.

saya paling depan dunk!
(foto oleh Radi - detikTravel)

Ada juga event Blogger Workshop yang diadakan oleh Female Daily Network dimana saya juga bertemu banyak anggota KEB.

bersama Dessy, Jade Ayu, dan Mia di acara Female Daily
(foto dari Dessy)

Cuma secuil dari sekian banyak event KEB yang bisa saya ikuti. Tapi semuanya sangat bermakna. Setiap kali pulang dari event KEB, saya merasa sangat bersyukur karena selalu membawa pulang hadiah saya sudah dipertemukan dengan banyak perempuan luar biasa yang mana saya bisa belajar banyak dari mereka. Belum lagi rasa kekeluargaan yang kuat yang tercipta di antara para anggotanya, meskipun seringkali kami hanya bisa bertemu di dunia maya. Sungguh saya merasa beruntung :)

Selamat Ulang Tahun ke-3, KEB.
Semoga keberadaanmu semakin menginspirasi para perempuan Indonesia untuk makin giat berkarya, terutama melalui tulisan.

Love you, KEB...
Love you all, Emak-emak blogger semuanya... *peluk berjamaah*

Note:
Postingan ini dibuat sebagai partisipasi dalam event Blog Post Serentak Ulang Tahun KEB #K3BSauyunan2015 dalam rangka merayakan ulang tahun KEB ke-3 yang jatuh pada tanggal 18 Januari 2015

10 comments:

  1. asiknyaaa, mak udah sering ikut kopdar ya. Smoga KEB makin maju ya!

    ReplyDelete
  2. Iya Mak Kania, Alhamdulillah lumayan. Walo kalo dibandingin jumlah event di KEB, itu dikit banget :D
    Saya ikut mengamini doanya Mak :)

    ReplyDelete
  3. Karena KEB kita pernah heboh on stage ya Mak cantik...hehehehe

    ReplyDelete
  4. event2 KEB emang keren2 ya... :)

    ReplyDelete
  5. Mak Isti kangen dirimu, qt sama2 dippertemukan di peluncuran buku itu yah, sama2 member baru tapi udah kasak kusuk sendiri hhiiii

    ReplyDelete
  6. @Mak Lies : iya, kita menjelma jadi model, mak... hihi
    @Mak Santi : memang keren, mak... ayo, kapan bisa ikut kopdar? ;)
    @Mak Fitri : kangen dirimu juga, mak fitri... Iya, dari situ kita ketemuan lagi di event2 berikutnya yaaa

    ReplyDelete
  7. Sangat menginspiratif mba.. Bagaimana ya cara gabungnya??


    hijab hari raya | jilbab segi empat | jilbab dian pelangi

    ReplyDelete
  8. Para perempuan yang mau bergabung, bisa search FB-nya : Kumpulan Emak2 Blogger kemudian kirim message yang berisi perkenalan diri sekilas (plus alamat blog-nya) ke admin :)

    ReplyDelete
  9. I love your website, I would appreciate it for a good read this...!!!
    Do not forget a visit back to my website: www.exotismabes.com

    ReplyDelete
  10. KEB emang bener-bener bisa bikin emak berkembang :D hehe

    Toko online muslimah

    ReplyDelete