Wednesday, 10 May 2017

Jangan Lupa Bahagia



Pernah denger engga, kalimat yang saya tuliskan dalam judul postingan ini?

Mungkin malah bukan pernah lagi, tapi sering. Ya kan?

Terdengar simpel dan nyaris seperti basa-basi. Semacam "Titi DJ ya," atau "I love you". Emm, sepertinya saya salah ambil contoh.

Tapi sebenernya makna kalimat ini dalem loh. Coba kita telisik satu-persatu kata penyusunnya.

jangan
ja.ngan
[adv] kata yg menyatakan melarang, berarti tidak boleh; hendaknya tidak usah: -- bohong

lupa
lu.pa
[v] (1) lepas dr ingatan; tidak dl pikiran (ingatan) lagi: krn sudah lama, ia -- akan peristiwa itu; (2) tidak teringat: dia -- membawa buku tulis; (3) tidak sadar (tahu akan keadaan dirinya atau keadaan sekelilingnya, dsb): semenjak jatuh dia sering -- akan keadaan sekelilingnya; (4) lalai; tidak acuh: jangan -- akan kewajibanmu

bahagia
ba.ha.gia
[n] keadaan atau perasaan senang dan tenteram (bebas dr segala yg menyusahkan): -- dunia akhirat; hidup penuh --; (2) a beruntung; berbahagia: saya betul-betul merasa -- krn dapat berada kembali di tengah-tengah keluarga

Referensi:
KamusBahasaIndonesia.org

Jadi artinya adalah...

Melarang seseorang untuk melepaskan dari ingatannya tentang keadaan atau perasaan senang, tenteram, beruntung, bebas dari segala yang menyusahkan.

Seperti kata Endank Soekamti dalam lagunya "Jangan Lupa Bahagia": 

bila hidup tak mudah
jangan dibikin susah
selalu sederhana
dan bahagia

Nampaknya memang sesederhana itu. Jangan dibikin susah.

Tapi seringkali perwujudannya tidak sesederhana itu. Atau mungkin sebenarnya memang sesederhana itu namun kita sendiri yang membuatnya menjadi rumit? Mungkin karena sepertinya hidup bukanlah hidup kalo engga ada drama.

Saya sendiri mengakui, saya adalah drama queen. Tapi kalo lagi bijak begini, sepertinya drama queen bukan lagi menjadi nama tengah saya. Hehe...

Sebenarnya, most of the time, saya selalu berusaha menerapkan quote "Jangan lupa bahagia" itu. Lebih tepatnya, ada sebuah kalimat yang selalu saya ingat. Saya sendiri lupa pernah membacanya dimana. Sepertinya di masa ketika internet belum ada. Karena ketika saya mencoba googling kalimat ini dengan lengkap, saya hanya menemukan bagian awalnya saja.

"Happiness is a state of mind, not what you are, or what you have."

Sebuah kalimat yang senada dengan kalimat yang selalu terngiang di benak saya tersebut berasal dari Dale Carnegie. Iya, Dale Carnegie yang bikin buku "How to Win Friends and Influence People" yang saya baca waktu jaman kuliah S1 dulu dan mungkin banyak dari kalian yang udah baca itu juga.

“Everybody in the world is seeking happiness - and there is one sure way to find it. That is by controlling your thoughts. Happiness doesn’t depend on outward conditions. It depends on inner conditions. It isn’t what you have or who you are or what you are doing that makes you happy or unhappy. It is what you think about it.”

Trus gimana dunk, kalo tiba-tiba kita merasa engga bahagia. Hmm, pasti ada pemicu kenapa tiba-tiba kita berpikir seperti itu. Ada peristiwa, atau seseorang, atau apapun lah, yang jelas ada shock yang membuat kita sedih atau kecewa. Yang kemudian memicu otak kita untuk berpikir kalau kita engga bahagia.

Wait, kok saya udah kayak jadi psikolog ala-ala begini siy?
Duh, mohon maklum, soalnya itu impian masa kecil saya. Muahaha...
Bedanya, saya engga akan nulis tips untuk merasa bahagia. Kalo itu, monggo di-googling aja. Banyak kok, yang nulis.

Balik lagi.
Saya sendiri, tiap kali menghadapi situasi dimana saya merasa tidak bahagia, saya cukup mengucapkan mantra ini kepada diri saya sendiri.

THIS TOO SHALL PASS.

Sekian. Selamat malam dan jangan lupa bahagia yaaa :)

PS:
Lokasi foto: Embung Kledung, Temanggung, Jawa Tengah. 

5 comments:

  1. Replies
    1. Terimakasih sudah mampir, Mba Dian :)

      Delete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. jangan lupa bahagia, humm.. simple sich pengucapannya tapi kadang terlupakan saat bekerja. hahah... jangan lupa picknik. halo salam kenal

    ReplyDelete